Jumat, 21 Maret 2014

Iklan Kejujuran

Saya kadang sering memperhatikan iklan-iklan yang tampil di tv karena biasanya ada yang unik, lucu dan banyak juga yang tak masuk akal atau terlalu lebay. Namanya juga iklan pasti berusaha memikat perhatian orang yang melihatnya agar tertarik dengan produk yang ditampilkan.

Ada satu iklan merek rokok terkenal menampilkan suatu adegan yang menurut saya lucu bahkan hampir semua iklannya--iklannya bukan cuma satu saja tetapi banyak dengan cerita yang berbeda-beda--selalu membuat kita tersenyum melihatnya. Iklannya ini sedikit menyinggung tentang calon anggota dewan berhubung lagi masa kampanye.

Ceritanya tentang seorang calon anggota dewan yang lagi orasi tetapi sebelumnya meminta bantuan sang jin, biasanya di masa-masa sekarang banyak orang yang mencari peruntungan melalui hal-hal gaib agar bisa lolos menjadi wakil rakyat. Justru menurut saya orang-orang seperti ini malah diragukan keyakinannya, pengharapan itu semestinya pada Yang Maha Kuasa bukan pada yang berbau mistis apalagi yang berbau amis (emangnya ikan..amis..), napa gak ngepet aja sekalian. 

Di awal cerita sang calon ini meminta bantuan jin agar dia jadi orang jujur, dan pada saat orasi dia benar-benar jujur. Saya jadi teringat film Liar Liar yang dibintangi oleh Jim Carey yang berperan sebagai seorang pengacara dimana dia tak bisa berkata bohong akibat doa dari anaknya. Jadi hati-hati nih buat orang tua, anak kecil itu polos dan doanya tulus maka Tuhan pun jika menghendaki maka akan mengabulkan permohonannya.

Kembali ke cerita di atas, pada saat orasi sang calon wakil rakyat ini berkata dengan lantang bahwa dia ingin kaya dan punya selingkuhan. Ini yang membuat saya tertawa, di akhir cerita dia komplen ke jin kok bisa kebablasan, jinnya ngomong " Jujur khan..". Seandainya saja semua para calon wakil rakyat atau para calon pemimpin negeri ini bisa benar-benar seperti cerita di iklan tadi, gimana ya kira-kira jadinya. Kalo dipikir pencalonan diri sebagai wakil rakyat itu ibarat judi, mereka mengeluarkan dana begitu banyak dengan harapan bisa menang dan kalo menang berupaya agar bisa balik modal bahkan kalo bisa ya ada untung. Gimana kalo kalah? Gigit jari aja asal jangan sampai masuk rumah sakit jiwa. Padahal duitnya bisa digunakan untuk modal usaha dan membuka lapangan kerja baru. Kayak gampang aja buka usaha..hehe..

Kejujuran merupakan hal yang paling sulit ditemui, kita kadang tidak jujur dengan diri sendiri contohnya bila ditanya tentang umur banyak yang bohong karena takut dibilang ketuaan atau misalnya seorang cowok bilang ke pacarnya kalo pacarnya itu kurus padahal aslinya lebar. Orang bilang kejujuran itu menyakitkan benar adanya. Jika anda berbohong tetapi anda merasa bersalah sesudahnya artinya anda masih memiliki nurani. Maka sebaiknya jujur aja. Ngomong gampang ya padahal prakteknya susah.

Salah satu kandidat capres memakai motto kejujuran, benarkah mereka adalah orang-orang yang jujur, hanya Tuhan yang tahu. Kalo jujur kacang ijo seh enak apalagi jujur ayam. 

Seorang motivator termuda Indonesia pernah berkata " Orang jujur tidak pernah mengatakan bahwa dirinya jujur, jadi kalau ada yang mengatakan dirinya jujur waspadalah". 
Ya seperti kata Bang Napi "Waspadalah !!".


0 komentar:

Posting Komentar