Selasa, 01 April 2014

7 Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak

Sekarang ini makin banyak orang yang mengalami insomnia, susah tidur yang akhirnya jadi begadang padahal sudah disarankan jangan begadang  kalau tiada artinya, kecuali kalo lagi ngeronda bolehlah begadang. Akibatnya jadi susah bangun di pagi hari, telat ke sekolah, telat ke kantor atau janji temu dengan relasi ato mungkin gebetan.

Nah ini ada 7 tips agar tidur lebih nyenyak.

1. Tetapkan Jadwal Tidur
Tidur dan bangun di waktu yang sama, misalnya anda tidur di tanggal 1 Januari 2014 usahakan bangun pada tanggal 1 Januari 2015, jadi ketika anda bangun ternyata sudah tahun baru. Anda harus konsisten dengan jadwal ini.

2. Perhatikan Makanan dan Minuman
Perut lapar atau kenyang bisa mengganggu tidur anda, jadi jangan terlalu kenyang atau perut kosong pada saat ingin tidur karena akan mengganggu mimpi anda. Gak enak khan kalo lagi mimpi bermesraan dengan artis idola  lalu anda tiba-tiba terbangun dan mendapati celana anda basah. Jika memang merasa lapar makanlah dalam jumlah yang sedikit, cukup satu piring saja agar persediaan piring anda tidak cepat habis. Hindari minuman berkafein karena ini hanya menstimulasi otak anda bekerja dan mata anda tetap melek.

3. Perintahkan Tubuh Anda Untuk Tidur
Mungkin ini seperti sugesti. "Tatap mata saya, pada saat hitungan ketiga anda akan tertidur". Redupkan lampu karena cahaya yang masuk ke mata justru memancing otak bekerja dan menganggap tubuh masih ingin beraktivitas. Jangan lupa juga matikan tv, hape atau peralatan eletronik dan juga jangan pikirkan mantan karena akan membuat anda larut dalam kesedihan.

4. Nyamankan Diri Anda
Buatlah suasana kamar anda nyaman, misalnya dengan mematikan lampu neon dan nyalakan lampu petromaks untuk mengurangi tagihan listrik. Perhatikan juga tempat tidur, sesering mungkin bersihkan dari noda bekas aktivitas olahraga malam demikan juga dengan bantal, apakah masih ada gambar peta pulau harta karun ciptaan anda. Bersihkan sebelum orang lain menemukan harta karunnya.

5. Batasi Waktu Tidur Siang
Para ahli mengatakan bahwa tidur satu jam di siang hari sama dengan tidur dua jam di malam hari, makanya banyak yang sering tidur siang baik itu di sekolah, tempat kerja, di ruang sidang untuk mencukupi jam tidur yang kurang di malam hari. Padahal kalo mo dipikir lebih enak tidur di rumah karena ada kasurnya. Tidur siang yang lama dapat menurunkan produktivitas, iyalah karena orang yang tidur siang itu dianggap pemalas. Jadi kalo tidak ingin dianggap pemalas ya jangan tidur siang. Jika anda merasa sangat mengantuk di siang hari tapi ingin tetap terjaga maka cobalah tidur di kandang macan tentunya dengan macannya dan lihat apakah anda masih dapat tertidur.

6. Lakukan Aktivitas Fisik Secara Rutin
Apa yang dimaksud aktivitas fisik? Berolahraga termasuk dalam aktivitas fisik. Banyak orang sepulang kerja melakukan hobby dengan olahraga seperti bermain sepak bola, futsal, tennis dan lain-lain. Anda bisa melakukan ini, mungkin saja anda memiliki aktivitas yang berbeda misalnya sepulang kerja nyolong pakaian dalam wanita dan kalo ketahuan maka anda akan melakukan olahraga lari sprint. Saat tubuh anda lelah maka akan mudah untuk tertidur.

7. Kendalikan Stress
Pekerjaan yang menumpuk, istri yang cerewet, pacar matre dan berbagai macam persoalan dapat membuat pikiran tidak tenang. Ini bisa membuat tidur tidak nyenyak, maka disarankan tinggalkan semuanya. Lakukanlah hal-hal baru yang menyenangkan. Cari pekerjaan baru, pacar baru, istri baru. Dengan berkurangnya stres maka tidur pun bisa nyenyak.

Itulah 7 tips agar tidur anda bisa lebih nyenyak, semoga tidak berguna dan tidak bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Posting Komentar