Rabu, 23 April 2014

Tips Saat Anda Sedang Makan Di Restoran

Pada saat makan di restoran apalagi jika restoran elit, kita akan memilih menu yang paling disukai karena di rumah tidak ada yang bisa masak atau mungkin karena dasarnya memang malas sehingga alternatif makan di luar rumah, yang artinya bukan di dalam misalnya makan di pekarangan atau depan pagar, di luar rumah khan?. Ya bukanlah...  
Namun ada hal-hal yang harus kita ketahui agar makan di luar kita mendapatkan menu yang sehat kecuali kalau anda emang sukanya dengan yang kurang sehat ya itu terserah anda aja sih..

Berikut beberapa tips sehat menurut saya untuk makan di restoran :

1. Sebagai pilihan minuman , mintalah air bening atau memesan susu bebas lemak atau rendah lemak, teh tanpa gula atau minuman lain tanpa tambahan gula. Buat anda yang ingin menghindari diabetes ini sangat disarankan. Anda tidak perlu kuatir dikatakan pelit atau kurang modal, bilang saja lagi diet.

2. Mintalah roti gandum untuk sandwich. Ini juga merupakan cara menghindari lemak.

3. Di sebuah restoran, mulailah makan dengan salad yang dikemas dengan sayuran, untuk membantu mengendalikan rasa lapar dan merasa puas lebih cepat. Harus diingat saat makan salad jangan terlalu banyak, jangan sampai belum menu utama anda sudah kenyang duluan, rugi donk.

4. Mintalah salad dressing yang akan disajikan di sisi. Kemudian gunakan hanya sebanyak yang Anda inginkan. Seperti poin sebelumnya, jangan kebanyakan.

5. Pilih hidangan utama yang meliputi sayuran, seperti kentang goreng aduk, kebobs, atau pasta dengan saus tomat.

6. Pesanlah yang dikukus, panggang, atau panggang di atas wajan tanpa minyak bukan yang digoreng atau tumis. Jadi peasanan anda hanya sedikit mengandung lemak.

7. Pilihlah porsi "kecil" atau "medium". Ini termasuk hidangan utama, lauk dan minuman. Kecuali jika anda termasuk agresif, semuanya harus serba jumbo, tidak mengapa asalkan mampu bayar kalau tidak habis, bungkus dan bawa pulang.

8. Pesanlah item dari menu dari pada menuju menu "all-you-can-eat". Maksunya pilihlah menu yang sesuai selera anda jangan memilih menu yang belum tentu anda suka. Semua yang bisa dimakan belum tentu sesuai dengan yang anda inginkan.

9. Jika porsi utama di sebuah restoran lebih besar dari yang anda inginkan, coba salah satu trik untuk menjaga dari makan yang berlebihan :

  • Memesan porsi hidangan pembuka sesuai ukuran atau lauk bukan sebuah perangsang selera.
  • Berbagi hidangan utama dengan seorang teman. Paling cocok teman yang doyan makan, kalau makan tidak habis jangan kuatir ada bulldozer yang siap menggusur.
  • Jika anda ingin menikmati dengan santai makanan tambahan, masukkan dalam kantong dan bawa pulang.
  • Ketika makanan anda disajikan, sisihkan setengah. Kalau memang tak ingin menghabiskan semuanya.
  • Mengundurkan diri dari "klub membersihkan piring" - ketika Anda sudah kenyang, tinggalkan sisanya atau bisa anda sumbangkan buat orang lain, teman yang di samping anda mugkin?.
10. Untuk menjaga makanan anda tetap rendah kalori, lemak, dan gula :

  • Mintalah salad dressing untuk dilayani secara terpisah sehingga anda dapat menambahkan hanya sebanyak yang anda inginkan.
  • Memesan makanan yang tidak memiliki saus krim atau kuah daging.
  • Tambahkan sedikit atau tidak sama sekali mentega untuk makanan Anda.
  • Pilihlah buah untuk pencuci mulut yang paling sering. Kalau mulut anda belepotan cucilah pakai air tentunya.
11. Pada kemacetan panjang atau belanja perjalanan, bawalah beberapa buah segar, beberapa potong sayuran, sebatang irisan keju rendah lemak, atau segenggam kacang tawar untuk membantu anda berhenti menghindari cemilan manis atau berlemak.

Tips di atas mungkin cocoknya untuk lidah impor, kalau yang lokalan mungkin tidak perlu. Orang Indonesia pada umumnya kalau belum makan nasi maka itu belum dikatakan makan padahal mungkin sebelumnya sudah makan bakso segerobak sekalian dengan gerobak-gerobaknya dan itu masih dibilang "belum makan".
Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar